Didukung oleh:
Akses Cepat
Kerja Sama:

© 2019 by rangkul.org

Jeera Foundation

Tentang Jeera Foundation

Jeera Foundation merupakan suatu lembaga pemberdayaan mantan narapidana yang didirikan oleh  Rino Lande, Gerhan Razak, dan Rommy Redono.

Jeera dibangun dari kegelisahan para pendirinya ketika melihat realitas kehidupan mantan narapidana yang kerap mengalami diskriminasi akibat stigma negatif yang disematkan kepada para mantan narapidana.

Dengan tekad dan dukungan dari pihak Lembaga Pemasyarakatan dan Kementerian Hukum dan HAM, Jeera Foundation membangun Jeera Academy guna memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan di beberapa Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan di Indonesia. Tujuannya adalah agar mantan narapidana bisa mendapatkan kesempatan kedua (second chance) di tengah masyarakat.

Program pelatihan keterampilan yang diajarkan meliputi:

  1. Pelatihan menjadi barista

  2. Pelatihan pembuatan makanan ringan

  3. Pelatihan memproduksi tas berkualitas premium

Selain itu ada juga program penyetaraan pendidikan melalui program kejar paket A, B, dan C dan pendidikan motivasi.

Untuk mendukung program-programnya, Jeera Foundation juga membuka gerai-gerai kopi bekerja sama dengan Join Coffee yang kemudian diberi nama "Jeera X Join Coffee House". Sedangkan, hasil produksi tas diekspor dengan merek Jeera Bag.

Berkantor pusat di Jakarta, kini cakupan wilayah kerja dan keanggotaan Jeera Foundation meliputi kota-kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Medan, Makassar, Surabaya, dan Kalimantan.

GALLERY

logo rangkul 1 copy.png